PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

Prasetyo, Dimas Agung (2017) PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan bagian dari pondasi utama dari berdirinya bangsa Indonesia sebagai suatu negara. Seperti halnya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah dengan membentuk dasar negara dan Undang-Undang Dasar. Tidak mungkin suatu negara dapat berdiri dan bergerak maju tanpa memiliki dasar negara (Pancasila) dan UUD. Sebab keduanya menjadi pedoman yang memberi arah dan tujuan yang hendak diraih melalui pengelolaan negara. Jadi, siapapun yang memegang kekuasaan negara tidak boleh menyimpang dari amanat rakyat, dasar negara, dan UUD. Sebagai penganut ideologi terbuka, Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak boleh berubah, namun pelaksanaannya harus kita sesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang akan kita hadapi dalam setiap kurun waktu. Namun demikian, faktor manusia baik penguasa maupun rakyatnya sangat menentukan dalam mengukur kemampuan sebuah ideoogi dalam menyelesaikan berbagai masalah. Sebaik apapun ideologi kalau tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang baik, maka ideologi itu hanya menjadi angan-angan belaka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan kewarganegaraan; Era globalisasi; Pancasila
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ1305 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2017 10:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27457

Actions (login required)

View Item View Item