ANALISIS SOAL SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Sundari, Dini (2017) ANALISIS SOAL SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2131111013 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2131111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2131111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2131111013 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2131111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2131111013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2131111013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2131111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2131111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2131111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian soal UAS mata pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan KD dan Aspek Kognitif Taksonomi Bloom. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu data diperoleh langsung dari soal-soal ujian akhir semester ganjil mata pelejaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan mengenai kesesuaian KD dan pengelompokan soal berdasarkan aspek kognitif taksonomi Bloom. Dari pengolahan data, diperoleh hasil berdasarkan kesesuaian soal dengan indikator bentuk soal pilihan ganda (PG) diperoleh 20 (100%) soal merupakan soal yang sesuai dengan indikator. Sedangkan untuk bentuk soal esai, 4 (80%) soal merupakan soal yang sesuai dengan indikator, dan 1 (20%) soal merupakan soal yang tidak sesuai dengan indikator. Penjabaran soal meliputi tingkat pengetahuan (C1) sebanyak 14 (70%) soal, 5 (25%) soal tingkat C2 (memahami), dan 1 (5%) soal tingkat mengaplikasi (C3). Hal ini menunjukkan bahwa soal bentuk pilihan ganda kurang baik, karena dominasi oleh tingkat pengetahuan (C1). Untuk soal UAS Bahasa Indonesia bentuk esai berjumlah 5 soal. Penjabaran soal yaitu didominasi oleh tingkat C4 (menganalisis) dengan jumlah 4 (80%) soal, 1 (20%) soal tingkat mengetahui (C1). Simpulan dari penelitian ini adalah Kesesuaian soal dengan indikator yang terdapat dalam soal UAS Bahasa Indonesia bentuk pilihan ganda menunjukkan bahwa soal tersebut sangat baik. Sedangkan pada soal esai masih kurang baik karena masih terdapat tingkat kognitif mengetahui (C1) yang seharusnya menggunakan tingkatan yang lebih tinggi lagi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Tangson195703161981031005
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2017 IND 135
Keywords: KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR PENCAPAIAN, DAN ASPEK KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2017 15:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27453

Actions (login required)

View Item View Item