INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA JAWA DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN SISWA KELAS VII MTS. SWASTA RAHMAT BULU CINA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Lestari, Ayu (2017) INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA JAWA DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN SISWA KELAS VII MTS. SWASTA RAHMAT BULU CINA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2132111002 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2132111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2132111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2132111002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2132111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2132111002 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2132111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2132111002 DAFTAR SINGKATAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2132111002 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 2132111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2132111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 2132111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan frekuensi interferensi leksikal bahasa Jawa dalam karangan bahasa Indonesia siswa kelas VII MTs. Swasta Rahmat Bulu Cina tahun pembelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini di sekolah MTs. Swasta Rahmat Bulu Cina dengan sumber data siswa kelas VII sebanyak 50 siswa. Data penelitiannya ialah interferensi leksikal bahasa Jawa dalam penggunaan bahasa Indonesia pada karangan siswa kelas VII MTs. Swasta Rahmat Bulu Cina tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah non-tes karena data yang dihasilkan berupa karangan. Dari pengolahan data diperoleh hasil, terdapatnya 7 bentuk interferensi bahasa Jawa dalam karangan siswa yaitu (1) interferensi kata benda; (2) interferensi kata kerja; (3) interferensi kata sifat; (4) interferensi kata ganti; (5) interferensi kata keterangan; (6) interferensi kata penghubung; dan (7) interferensi kata seru. Frekuensi interferensi masing-masing kata yaitu (1) kata benda frekuensinya sebesar 58,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,36%; (2) kata kerja frekuensinya sebesar 68,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,35%; (3) kata sifat frekuensinya sebesar 50,00% kategori rendah dengan persentase 0,41%; (4) kata ganti frekuensinya sebesar 66,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,17%; (5) kata keterangan frekuensinya sebesar 56,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,22%; (6) kata penghubung frekuensinya sebesar 52,00% kategori sangat rendah dengan persentase 0,44%; dan (7) kata seru frekuensinya 98,00% kategori sangat rendah dengan persentasenya 0,46%. Interferensi terbesar yaitu jenis kata benda dan interferensi terkecil yaitu jenis kata seru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorM.Pd., Drs. Azhar Umar196006111985031002
Call Number: SK-2017 IND 148
Keywords: Interferensi; Leksikal; Bahasa Jawa; Karangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2017 14:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27440

Actions (login required)

View Item View Item