KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII MTS NURUL KHAIRIYAH SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sari, Rizky Fadhilah (2017) KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII MTS NURUL KHAIRIYAH SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2103111059 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2103111059 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2103111059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2103111059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2103111059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2103111059 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2103111059 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2103111059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2103111059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2103111059 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis naskah drama berdasarkan unsur-unsur naskah drama oleh siswa kelas VIII MTs Nurul Khairiyah Sei Tuan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Khairiyah tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa. Sampel diambil 20 siswa dari populasi secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Data dari penelitian dianalisis dengan menggunakan setiap unsur naskah drama dari naskah drama yang menjadi indikator penilaian pada penelitian ini. Bentuk latihan yang dilakukan berupa tes menulis naskah drama satu babak. Dari 20 siswa yang diteliti diperoleh data-data penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek tema sebesar 78 (berada pada kategori baik), aspek alur sebesar 72,3 ( berada pada kategori baik), aspek penokohan sebesar 70 (berada pada kategori baik), aspek dialog sebesar 69,3 (berada pada kategori cukup), aspek latar sebesar 65,6 (berada pada kategori cukup), aspek amanat sebesar 71,6 (berada pada kategori baik), dan aspek petunjuk teknis sebesar 36 (berada pada kategori kurang). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTs Nurul Khairiyah tahun pembelajaran 2016/2017 sebesar 67,6 yang dapat dikategorikan cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLUBIS, FITRIANI197708312008122001
Thesis advisorSurip, Muhammad198008102008011010
Call Number: SK-2017 IND 159
Keywords: DESKRIPTIF KUANTITATIF, MENULIS, NASKAH DRAMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2017 14:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27430

Actions (login required)

View Item View Item