KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-IHSAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Hidayani, Rahmah (2017) KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-IHSAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 2013111053 COVER.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text
2. NIM 2103111053 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. NIM 2103111053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text
4. NIM 2103111053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text
5. NIM 2103111053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text
6. NIM 2103111053 TABELS.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
7. NIM 2103111053 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
8. NIM 2103111053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
12. NIM 2103111053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
13. NIM 2103111053 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun oleh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Sampel diambil dari semua subjek populasi sebab subjek di dalam penelitian ini kurang dari 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Data dari penelitian dianalisis dengan menggunakan setiap aspek dari pantun yang menjadi indikator penilaian pada penelitian ini. Bentuk latihan yang dilakukan berupa tes menulis pantun dengan tema persahabatan. Dari 36 siswa yang diteliti diperoleh data-data penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek kesesuaian tema sebesar 88,86 (berada pada tingkat sangat baik), aspek jumlah baris dalam satu bait sebesar 100 (berada pada tingkat sangat baik), aspek jumlah suku kata tiap baris sebesar 76,67 (berada pada tingkat baik), aspek sajak a-b-a-b sebesar 60,95 (berada pada tingkat kategori cukup), aspek kesesuaian baris sampiran dan isi sebesar 77,22 (berada pada tingkat baik), dan yang terakhir adalah aspek keaslian ide/gagasan sebesar 62,77 (berada pada tingkat cukup). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017 sebesar 74,16 yang dapat dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif,, Syamsul19591124 198601 1 002
Call Number: SK-2017 IND 160
Keywords: DESKRIPTIF KUANTITATIF; MENULIS PANTUN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2017 14:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27429

Actions (login required)

View Item View Item