PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Simamora, Susi Susanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2103311045 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2103311045 COVER.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2103311045 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2103311045 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2103311045 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2103311045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2103311045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2103311045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2103311045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2103311045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2103311045 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2103311045 TABLES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2103311045 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2103311045 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2103311045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2103311045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2103311045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2103311045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2103311045 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2103311045 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiriterhadap kemampuan menulistekscerita pendek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 134 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-A yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulistekseksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 65,9, standar deviasi = 13,56 sedangkan kemampuan menulistekscerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 setelah menggunakan model pembelajaran Inkuirimasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 76,25, standar deviasi = 10,43. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 2,64. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=20-1=19 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,09, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 2,64 > 2,09, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulistekscerita pendekoleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 IND 169
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Teks Cerita Pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2017 14:51
Last Modified: 27 Nov 2017 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27420

Actions (login required)

View Item
View Item