DESAIN PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL BERWAWASAN KEBANGSAAN

Rosramadhana (2017) DESAIN PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL BERWAWASAN KEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Ilmu ilmu sosial merupakan disiplin ilmu yang membahas tentang masyarakat dengan berbagai aspek kehidupannya. Ilmu-ilmu sosial berkaitan dengan manusia dan budaya juga aspek kepribadian, karakter dan penguatan wawasan kebangsaan, prilaku, lingkungan, fakta peninggalan masyarakat, kondisi geografis dan permasalahan ekonomi masyarakat tersebut. Ilmu-ilmu sosial merupakan rangkaian ilmu yang bergerak melalui dinamika konsep yang menarik. Pemahaman terhadap konsep-konsep dalam ilmu sosial bermula dari pengetahuan dasar, selanjutnya digeneralisasi. Desain pembelajaran ilmu-ilmu sosial yang menarik saat ini bukan hanya sekedar mengetahui tapi mampu membangkitkan daya krtitis terhadap perkembangan ilmu. Model yang menarik dengan desain yang jelas, sistimatis dan juga memanfaatkan media teknologi dapat mengelaborasi masalah-masalah sosial budaya yang lokal dan mengglobal. Desain pendidikan ilmu-ilmu sosial berwawasan kebangsaan dapat digambarkan dengan muatan contens yang berisikan Persatuan dan Kesatuan, Ketahanan Nasional, Peran Aparat dan Masyarakat, Nasionalisme dan Wawasan Nusantara.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Desain pendidikan; Ilmu sosial; Wawasan kebangsaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 08:39
Last Modified: 23 Nov 2017 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27398

Actions (login required)

View Item
View Item