PERBANDINGAN KARAKTER ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM KARAKTER NURUL QUR’AN DAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR

Agustini, Apriliani and Sulaiman, and Ruslan, and Suraiya, Nana (2017) PERBANDINGAN KARAKTER ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM KARAKTER NURUL QUR’AN DAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda. Pada hakihatnya siswa memiliki karakter dasar yang telah ditanamkan oleh orang tua mereka. Orang tua berperan penting dalam pembentukan karakter anak, karakter yang diinginkan tentunya karakter yang baik, sehingga anak bisa diterima kehadirannya oleh masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbandingan karakter antara siswa SDIK Nurul Qur’an dan siswa SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar. Penelitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbandingan karakter antara siswa pada kedua sekolah tersebut. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SDIK Nurul Qur’an yang berjumlah 89 siswa dan siswa SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar yang berjumlah 109 siswa. Sampel pada penelitian meliputi siswa kelas IV SDIK Nurul Qur’an berjumlah 89 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar berjumlah 109 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket tentang karakter yang baik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik pada taraf kepercayaan 5% maka diperoleh hasil perhitungan keseluruhan nilai signifikansi = 0,000. SDIK Nurul Qur’an memperoleh nilai rata-rata 1.578 sedangkan SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar memperoleh nilai rata-rata 1.451 dengan perbedaan rata-rata qdalah 12,6. Berdasarkan hasil perhitungan ini maka terbukti nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbandingan karakter yang signifikan antara siswa SDIK Nurul Qur’an dan SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Karakter; Pendidikan; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 05:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27396

Actions (login required)

View Item View Item