PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TIK DI SMP NEGERI 35 MEDAN

Syahri, Iin (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TIK DI SMP NEGERI 35 MEDAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis TIK pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk peserta didik kelas VII SMP, (2) keefektifan media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 35 Medan, dan 3) keefektifan media pembelajaran berbasis TIK terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 35 Medan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). dengan mengusung pendekatan model pengembagan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data hasil evaluasi produk ini meliputi data hasil evaluasi produk dari ahli materi, ahli media, pendidik pelajaran bahasa Inggris dan teman seprofesi. Data hasil penilaian dari ahli materi meliputi empat ranah yaitu ranah kesesuaian materi dengan kurikulum, ranah kualitas materi pembelajaran, kualitas bahasa dan kualitas visual. Pada ranah kesesuaian materi dengan kurikulum dan aspek kualitas visual diperoleh rerata skor total 12,0 dengan kategori
sangat baik. Penilaian kualitas materi pembelajaran mendapat rerata skor total 27,0 dengan kategori sangat baik. Pada kualitas bahasa rerata skor total adalah 14,0 dengan kategori sangat baik. Kualitas visual dinilai sangat baik dengan rerata skor total 12,0. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berbasis tekonologi informasi dan komputer (TIK) yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, pendidik mata pelajaran bahasa Inggris, teman seprofesi, peserta didik uji coba terbatas maupun peserta didik uji coba lapangan secara umum masuk kategori baik. Kondisi ini menunjukkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis TIK layak dipergunakan, (2) pengembangan produk media pembelajaran yang berbaisis TIK ini efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Kemandirian belajar; Penguasaan konsep; Teknologi informasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 05:12
Last Modified: 23 Nov 2017 05:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27393

Actions (login required)

View Item
View Item