IMPLEMENTASI PRINSIP DEMOKRASI DI SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SISWA

Nurwahyuni (2017) IMPLEMENTASI PRINSIP DEMOKRASI DI SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SISWA. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Mata pelajaran PKn esensinya merupakan pendidikan demokrasi yang dalam implementasinya perlu menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam proses pembelajaran sebagai program pengembangan sikap demokrasi siswa. Implementasi prinsip pembelajaran PKn di sekolah menuntut guru sebagai model atau teladan sebagai orang yang beretika, baik didalam maupun diluar kelas. Guru juga dapat memberi teladan dengan memberikan perhatian pada moralitas dan melakukan implementasi demokrasi melalui reaksi-reaksinya terhadap kejadian-kejadian yang secara demokrasi bermakna dalam kehidupan sekolah. Disain pembelajaran PKn sebagai esensi pendidikan demokrasi dirancang dengan melibatkan basis nilai-nilai moral sebagai strategi pemberian makna terhadap pengetahuan dan keterampilan berdemokrasi siswa. Melalui cara ini sikap dalam berdemokrasi dapat ditumbuhkan sebagai wahana pengembangan karakter siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Demokrasi; Sikap; Pembelajaran; Pendidikan kewarganegaraan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:15
Last Modified: 23 Nov 2017 04:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27390

Actions (login required)

View Item
View Item