PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning) PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KARAKTER BERWAWASAN KEBANGSAAN

Simanjuntak, Launa Yenny Abadi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning) PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KARAKTER BERWAWASAN KEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Pendidikan adalah sebuah proses untuk mengubah jati diri seorang peserta didik untuk lebih maju. Nilai-nilai pendidikan sendiri adalah suatu makna dan ukuran yang tepat dan akurat yang mempengaruhi adanya pendidikan itu sendiri, diantara nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang terdiri dari beberapa unsur. Sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi memiliki peran penting sebagai agen penyebar virus positif terhadap karakter dan budaya bangsa. Tidak ada yang menolak tentang pentingnya karakter dan budaya, tetapi jauh lebih penting adalah bagaimana menyusun dan mensistemasikan sehingga anak-anak mampu lebih berkarakter dan berbudaya. Dalam proses pendidikan dalam perkembangannya disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan sekolah. Berbagai cara dalam pembelajaran dikemas sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja kurikulum banyak sekalimemberatkan guru dan siswa yang menyebabkan beban tersebut terlalu berat untuk diterapkan. Nilai-Nilai dasar dalam pendidikan karakter, dimana nilai dasar sebagaimana yang telah ditetapkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan merencanakan empat nilai karakter utama yang menjadi ujung tombak penerapan pendidikan karakter di sekolah yakni olah hati, olah pikir, olah raga serta olah rasa dan karsa. Problem-Based Intruction (PBI) memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog. Pembelajaran berbasis masalah tidak dirancang untuk membantu guru memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa. Pembelajaran berbasis masalah dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampu an berpikir, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektual; belajar berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi dan menjadi pebelajar yang otonom dan mandiri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan kewarganegaraan; Wawasan kebangsaan; Pembelajaran berbasis masalah; Model pembelajaran
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27388

Actions (login required)

View Item View Item