PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS III SD IT AL MUSABBIHIN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Billah, Arif (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS III SD IT AL MUSABBIHIN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn kelas III SD IT Al Musabbihin Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi eksperimen dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDIT Al Musabbihin komplek Taman Setia Budi Indah Medan terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas ekperimen yaitu kelas IIIA yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 14 orang siswa dan 16 orang siswi dan kelas kontrol yaitu kelas IIIB yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 13 orang siswa dan 17 orang siswi. Objek pada penelitian ini adalah hubungan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, wawancara, pengamatan (observasi), angket, dan tes. Setelah dilaksanakan penelitian, pada kelas eksperimen hasil belajar siswa tertinggi yaitu 100, sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar siswa tertinggi yaitu 95. Hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diperoleh skor maksimum adalah 100, sedangkan hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diperoleh skor maksimum adalah 90. Pada kelas eksperimen, hasil belajar PKn dengan motivasi belajar tinggi diperoleh skor maksimum 100 dan dengan motivasi belajar rendah diperoleh skor maksimum 90. Untuk kelas kontrol, hasil belajar PKn dengan motivasi belajar tinggi diperoleh skor 95 dan dengan motivasi belajar rendah diperoleh skor maksimum 85. Dengan demikian, dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa SDIT Al Musabbihin Medan, Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Motivasi belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27387

Actions (login required)

View Item View Item