INTEGRASI WAWASAN KEBANGSAAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Delita, Fitra and Berutu, Nurmala and Sidauruk, Tumiar and Wirda, Mona Adria (2017) INTEGRASI WAWASAN KEBANGSAAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Internalisasi wawasan kebangsaan pada setiap pembelajaran akan menghasilkan golden generation yang dapat meningkatkan martabat bangsa. Untuk itu pada setiap proses pembelajaran baik disekolah maupun perguruan tinggi, hendaknya memuat nilai-nilai kebangsaan sebagai satu kesatuan dalam pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan pembelajaran yang memuat wawasan kebangsaan dalam mata kuliah Pengembangan Materi IPS. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mendesain pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang memuat wawasan kebangsaan dalam bentuk perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan secara sistematis, aktual, akurat mengenai fakta-fakta yang ditemukan dalam pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen berupa lembar observasi dan kuesioner untuk memperoleh data wawasan kebangsaan mahasiswa serta studi dokumenter untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam merancang perangkat pembelajaran yang memuat wawasan kebangsaan. Data dianalisa dengan langkah-langkah yang meliputi reduksi data, kategorisasi dan sintesisasi sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan wawasan kebangsaan mahasiswa Geografi di 3 kelas yaitu Kelas A Reguler 2016 dan Kelas D reguler 2016 tergolong tinggi sedangkan wawasan kebangsaan di Kelas Ekstensi tergolong sedang. Kemampuan untuk merancang pembelajaran IPS yang memuat wawasan kebangsaan di Kelas A Reguler 2016, Kelas D reguler 2016 dan Ekstensi 2016 tergolong sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Wawasan kebangsaan; Ilmu sosial; Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 10:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item View Item