DESAIN PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL BERWAWASAN KEBANGSAAN

Warsono (2017) DESAIN PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL BERWAWASAN KEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wawasan kebangsaan generasi muda perlu terus ditingkatkan, melalui pendidikan, khususnya pendidikan ilmu sosial yang didesain secara baik. Pendidikan ilmu sosial, bisa berdiri sebagai sebagai matapelajaran di sekolah dasar dan menengah, serta sebagai proram studi di perguruan tinggi. Program studi pendidikan ilmu sosial yang ada diperguruan tinggi dimaksudkan untuk menghasilkan guru-guru pendidikan ilmu sosial di sekolah dasar dan menengah. Pemilihan materi pembelajaran dalam pendidikan ilmu sosial menjadi bagian penting dalam membangun wawasan kebangsaan. Materi tersebut diambil dari berbagai bidang ilmu sosial, seperti sejarah, sosiologi, Pancasila. Para pendidikan harus secara kreatif dapat meramu bahan-bahan tersebut, sehingga mampu memnumbuhkan keyakinan yang kuat bahwa Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan pilihan rasional terbaik bagi bangsa Indonesia. Para pendidik juga harus mampu menumbuhkan kesadaran untuk mempertahankan dan mengamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Ilmu sosial; Pembelajaran ilmu sosial; Pendidikan ilmu sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 08:17
Last Modified: 22 Nov 2017 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27381

Actions (login required)

View Item
View Item