MEMBANGUN PEMIMPIN YANG BERKARAKTER KEBANGSAAN DIMULAI DARI SIKAP TOLERANSI GENERASI MUDA

Abdulhakam, Kama and Nurbayani, Siti and Isya, Warlim and Fitria, Ratna (2017) MEMBANGUN PEMIMPIN YANG BERKARAKTER KEBANGSAAN DIMULAI DARI SIKAP TOLERANSI GENERASI MUDA. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Isu mengenai agama dan politik tidak pernah berhenti, peristiwa terbaru yang mangaitkan agama dengan politik adalah apa yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dalam pidatonya saat melakukan kunjungan kerja dipulau Pramuka, kepulauan seribu. Ahok mengatakan bahwa seandainya ia tidak terpilihpun menjadi gubernur DKI selanjutnya program pemberdayaan budidaya kerapu akan tetap berjalan, walaupun tidak terpilih warga karena dibohongi surat Al-Maidah 51. Kata-kata dibohongi surat Al-Maidah 51 terus bergulir, mangakibatkan umat Islam merasa terhina. Berdasarkan survai yang dilakukan maarif Maarif Institute, sebuah lembaga yang bergerak di bidang kebudayaan dalam konteks keislaman, kemanusiaan, dan keindonesiaan, kota Bandung sebagai urutan kedua setelah Yogyakarta dengan nilai 80,64. Hal ini menjadi latar belakang mengapa penelitian dilakukan dikota Bandung, dan dengan dilatarbelakangi nilai keimanan yang kuat dan toleransi yang tinggi tentu membawa implikasi yang baik bagi generasi mudanya, sehingga penelitian ini akan mampu menjawab kekhawatiran para politikus akan ketakutannya tidak terpilih menjadi pemimpin. Pendekatan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menggali seberapa besar toleransi beragama mempengaruhi perilaku memilih. Penelitian dilakukan di Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Parahiyangan, dan Universitas Islam Negeri. Instrument yang digunakan skala Guttuman dengan menggunakan dua jawaban yang tegas dan konsisten yaitu ya dan tidak, nilai ya (1) dan nilai tidak (0). Disamping itu dilakukan pula wawancara untuk memperkuat dan memperkaya analisis hasil penelitian dari kuesioner.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemimpin; Karakter kebangsaan; Sikap; Toleransi; Generasi muda
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1176 Social influence. Social pressure
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ793 Youth. Adolescents. Teenagers
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 07:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27379

Actions (login required)

View Item View Item