DILEMA “PENDIDIKAN YANG MENJAUHKAN” GENERASI EMAS PESISIR PANTURA JAWA (STUDI PADA KOMUNITAS NELAYAN DESA BANYUTOWO PATI JAWA TENGAH)

Prasetyo, Kuncoro Bayu and Fatimah, Nurul and Luthfi, Asma and Fajar, (2017) DILEMA “PENDIDIKAN YANG MENJAUHKAN” GENERASI EMAS PESISIR PANTURA JAWA (STUDI PADA KOMUNITAS NELAYAN DESA BANYUTOWO PATI JAWA TENGAH). In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari hasil penelitian yang masih dilakukan mengenai permasalah pendidikan pada anak-anak komunitas nelayan di pantai utara (pantura) Pulau Jawa, tepatnya di Pantai Utara Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan capaian pendidikan yang cukup baik di Indonesia, namun ternyata masih ditemukan adanya problem dan dilema pendidikan pada sebagian komunitas nelayan di Jawa Tengah. Dengan demikian salah satu problem penting yang harus dilihat dalam masalah pendidikan adalah problem tentang pemerataan akses dan kualitas pendidikan yang belum mampu menjangkau semua elemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja problem dan dilema pendidikan yang tengah dialami oleh komunitas yang jauh dari pusat kebijakan, dalam hal ini komunitas nelayan yang berada di bibir pantai utara Jawa, yaitu Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Generasi emas; Komunitas nelayan; Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM756 Community
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 06:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27375

Actions (login required)

View Item View Item