HUBUNGAN IKLIM KERJASAMA DAN PELAKSANAAN SUPERVISI DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA MEDAN

Yulhefi, (2007) HUBUNGAN IKLIM KERJASAMA DAN PELAKSANAAN SUPERVISI DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
025020130 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020130 Abstrak.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020130 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020130 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020130 Bab V.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020130 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) iklim kerjasamadengan kinerja guru, (2) supervisi dengan kinerja guru, dan (3) iklim kerjasamadan supervise secara bersama dengan kinerja guru.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan jenispenelitian adalah penelitian korelasional karena melihat hubungan antara variablepenelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS yang mengajardi SMA Negeri di Kota Medan yang berjumlah 300 orang. Sampel penelitian iniadalah sebanyak 68 orang atau 25% dari populasi yang diambil denganmenggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan dataadalah angket untuk iklim kerjasama dan pelaksanaan supervisi dengan kinerjaguru. Perhitungan reliabilitas menunjukkan r = 0,90 untuk instrumen iklim kerjasama dan r = 0,95 untuk instrument pelaksanaan supervisi serta 0,89 untukinstrument kinerja guru. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dankorelasi.Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara IklimKerjasama dengan Kinerja Guru ditunjukkan oleh korelasi 0,43 dengan persamaangaris regresi Y = 36,85 + 0,53 X1; (2) terdapat hubungan yang signifikan antarapelaksanaan supervisi dengan kinerja guru ditunjukkan oleh koefisien korelasisebesar 0,29 dengan persamaan garis regresi Y = 58,18 + 0,30 X2; (3) terdapathubungan yang signifikan antara iklim kerjasama dan pelaksanaan supervisidengan kinerja guru, ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda Ry.12 0,85 denganpersmaan garis regresi Y = 21,553 + 0,65 X1 + 0,09 X2. Koefisien determinasimenunjukkan hasil 0, 72 hal ini berarti 72 % variansi yang mempengaruhi kinerjaguru dapat dijelaskan oleh iklim kerjasama dan pelaksanaan supervisi.Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, maka implikasinya adalah untukmeningkatkan kinerja guru SMA Negeri Medan, kepala sekolah dapatmengusahakannya melalui iklim kerjasama yang kondusif dan upaya-upayapengembangan dan peningkatan supervisi, selain upaya-upaya lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Call Number: 371.144 Yul h
Keywords: Iklim Kerjasama; Supervisi; Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item