PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN PEMBUATAN PETA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GRID OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA BINJAI

Dahrim (2007) PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN PEMBUATAN PETA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GRID OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 045020239 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
045020239 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (831kB) | Preview
[thumbnail of 045020239 abstrak.pdf]
Preview
Text
045020239 abstrak.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 045020239 daftar isi.pdf]
Preview
Text
045020239 daftar isi.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of 045020239 bab I.pdf]
Preview
Text
045020239 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 045020239 bab VI.pdf]
Preview
Text
045020239 bab VI.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of 045020239 daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
045020239 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas, dalampelaksanaannya dilakukan dengan tiga siklus, setiap siklus dilakukan dalam tahapanyaitu : Tahap perencanaan (planning), tahap tindakan (acting), tahap pengamatan(observation) dan tahap refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan di PerguruanKristen Methodist Indonesia, Jalan Sudirman No. 136 Binjai. Pada jenjang SekolahMenengah Atas XI Ilmu Sosial 3 jumlah Partisipan tiap siklus 31 orang siswa.Setelah dilakukan siklus pertama maka diadakan refleksi, temyata kekuranganwaktu untuk mengerjakan pembuatan peta, siswa kurang siap dan kurang peralatanpada siklus I. kelemahan tersebut diperbaiki pada siklus kedua. Tindakan siklus kedua dilakukan dan setelah direfleksi terdapat kelemahanpada siswa kurang tepat penempatan letak kota dimuka bumi berdasarkan letak garislintang. Belum tercapainya indikator keberhasilan maka perlu dilakukan tindakan siklus tiga. Pada siklus tiga semua kelemahan yang ada pada siklus dua diperbaiki.Setelah direfleksi tindakan siklus tiga dapat dilakukan dengan baikdan mencapaiindikator keberhasilan sehingga tindakan dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian pembuatan Peta dengan menggunakan Metodegrid oleh siswa dalam pembelajaran Geografi pada siswa kelas XI, ilmu Sosial 3 diPerguruan Kristen Methodist Indonesia Binjai dapat meningkatkan basil belajar siswa dan dalam proses pembelajaran menarik dan dapat menambah wawasan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Dah p
Uncontrolled Keywords: Kualitas Belajar; Metode Grid; Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G3180 Maps
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 01 Jun 2016 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item
View Item