PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH SISWA PUTRA MADRASAH ALIYAH NEGERI MEDAN

Siregar, Yan Indra (2008) PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH SISWA PUTRA MADRASAH ALIYAH NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 055020348 COVER.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020348 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020348 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020348 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020348 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020348 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020348 BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar lompat jauh siswa yang diberikan umpan balik langsung lebih tinggi dan hasil belajar lompat jauh siswa yang diberikan umpan balik tertunda, mengetahui apakah hash belajar lompat jauh siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi lebih tinggi dari hasil belajar lompat jauh siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah, serta untuk mengetahui interaksi antara pemberian umpan balik dan kemampuan motorik terhadap hash belajar lompat jauh.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra MAN yangberalarnat di JI. Williem Iskandar No 7 A-B Medan kelas II tahun 200712008, yang Lerdiri dari siswa putra MAN I-II kelas 11-1, kelas 11-2, kelas 11-3 dan kelas IV. Total keseluruhan populasi adalah 207 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan tekhnik cluster random sampling dengan pengacakan kelas dari masing¬masing sehingga sampel penelitian seluruhnya adalah 108 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2 .dengan taraf signifikansi 0,05. Teknik analisis data menggunakan ANAVA 2 x 2. Kemampuan motorik siswa diukur dengan menggunakan tes kemampuan motorik yang bernama Barrow Motor Ability Test. Tes hasil belajar menggunakan tes lompat jauh yang memiliki realibilitas tes 0,92 dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Untuk menguji Validitas tes dengan face validity.Hasil Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil belajar lompat jauh siswa yang diberikan umpan balik langsung lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar lompat jauh siswa yang diberikan umpan balik tertunda. Hal ini ditunjukan oleh Fhitung = 5,46 > F tabel = 4,02 pada taraf signifikansi α 0,05. Siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi hash belajar lompat jauhnya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah. Hal ini ditunjukan oleh F hitung = 7,39 > F tabei = 4,02. Dan dengan dk (1,56) terdapat interaksi antara pemberian umpan balik dan kemampuan motorik siswa dalam meningkatkan hash lompat jauh. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung= 111,12 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikansi α= 0,05. Uji lanjut menggunakan Uji Tuckey yang membuktikan bahwa hash belajar siswa yang diberikan umpan balik langsung lebih tinggi daripada hash belajar lompat jauh siswa yang diberikan umpan batik terunda. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSunarno, Agung196601151992031003
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Call Number: 371.102 Sir p
Keywords: Umpan Balik; Kemampuan Motorik; Hasil Belajar Lompat Jauh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item View Item