SURVEI KESIAPAN GURU-GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP SE-KECAMATAN SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN UNTUK MEMANFATKAN ALOKASI WAKTU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TAHUN AJARAN 2017/2018

Saragih, Ovienila Wika (2017) SURVEI KESIAPAN GURU-GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP SE-KECAMATAN SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN UNTUK MEMANFATKAN ALOKASI WAKTU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 6131111053 COVER.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text
2. NIM 6131111053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text
3. NIM 6131111053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text
4. NIM 6131111053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
5. NIM 6131111053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
6. NIM 6131111053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
7. NIM 6131111053 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text
8. NIM 6131111053 GRAFICH.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
9. NIM 6131111053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
6. NIM 6131111053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
10. NIM 6131111053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
14. NIM 6131111053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text
15. NIM 6131111053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (258kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana kesiapan Guru-Guru Pendidikan Jasmani SMP se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun untuk memanfaatkan alokasi waktu dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani pada tahun ajaran 2017/2018. Lokasi Penelitian ini adalah SMP se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4-9 september 2017. Jadi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Silimakuta kabupaten simalungun yang didalamnya terdapat 3 (tiga) sekolah dan 7 (tujuh) orang guru pendidikan jasmani. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Populasi yaitu guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Silimakuta kabupaten simalungun yang didalamnya terdapat 3 (tiga) sekolah dan 7 (tujuh) orang guru pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Untuk memperoleh informasi peneliti mengajukan pertanyan dalam bentuk angket/kusioner yang ditujukan kepada guru-guru pendidikan jasmani setiap sekolah yaitu guru-guru pendiidkan jasmani SMP se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun. Hasil Penelitian diperoleh bahwa kesiapan mengembangkan silabus dikategorikan “Baik” sebesar 80,9%. Untuk indikator kesiapan membuat rencana pembelajaran dikategorikan “Baik Sekali” sebesar 82,1%. Untuk indikator kesiapan merencanakan strategi pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 80,3%. Untuk indikator kesiapan menjadi fasilitator peserta didik dikategorikan “Baik” sebesar 75,8%. Untuk indikator melakukan kegiatan pembukaan dalam pembelajaran dikatogorikan “Baik Sekali” sebesar 82,1%. Untuk indikator kesiapan mengembangkan pengetahuan siswa dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%. Untuk indikator kesiapan melakukan kegiatan inti dalam pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%. Untuk indikator kesiapan membimbing siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 76,7%. Untuk indikator kesiapan melakukan penutup pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%. Untuk indikator mampu melakukan penilaian diperoleh hasil dikategorikan “Baik” sebesar 73,2%. Untuk indikator mampu melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan Guru-Guru Pendidikan Jasmani se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun untuk memanfaatkan alokasi waktu dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani tahun ajaran 2017/2018 berada pada kategori “Baik” dengan nilai 79,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorChairad, Muhammad198702212014041001
Call Number: SK-2017 PJKR 121
Keywords: perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2017 11:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item