INTEGRASI PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN KEDALAM KURIKULUM DALAM RANGKA PENCAPAIAN TARGET SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA

Sitorus, Muhammad Ancha (2017) INTEGRASI PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN KEDALAM KURIKULUM DALAM RANGKA PENCAPAIAN TARGET SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Bangsa Indonesia kedepan akan menghadapi suatu fenomena besar dengan proporsi penduduk usia produktif berada pada jumlah tertinggi akan menurunkan angka ketergantungan (dependency ratio) yang berdampak pada pembangunan ekonomi. Pemahaman penduduk usia muda mengenai kependudukan melalui jalur formal disekolah diharapkan dapat membantu agar mampu mempersiapkan diri untuk memiliki pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan sikap perilaku berwawasan kependudukan. Kewaspadaan akan dampak kependudukan oleh penduduk usia muda akan membantu pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) pada Tahun 2030. Pendidikan kependudukan yang terintegrasi dalam kurikulum merupakan salah satu upaya strategis dengan membahas materi kependudukan seperti jumlah penduduk, penduduk remaja, usia produktif, penduduk lansia, urbanisai dan pembangunan perkotaan yang diintegrasikan dengan mata pelajaran sesuai dengan pokok bahasan. Prinsip pembelajaran terpadu pendidikan kependudukan dalam kurikulum diawali dengan penggalian tema, proses pembelajaran dengan guru yang berperan aktif sebagai fasilitator dan mediator dan mengakomodir ide peserta didik, melakukan evaluasi bersama dalam ketercapaian belajar sesuai dengan kriteria tujuan yang telah ditetapkan, serta reaksi guru terhadap aksi siswa dalam yang mengarah pada suatu kesatuan pemahaman yang utuh. Guru menuangkan materi pendidikan kependudukan kedalam Garis–garis Besar Program pengajaran (GBPP), program tahunan, satuan pembelajaran terpadu, dan penyajian materi dengan strategi belajar yang inovatif. Pelatihan bagi guru dalam integrasi pendidikan kependudukan ini sangat penting untuk mendapatkan pemahaman mengenai dinamika kependudukan, dalam tujuan dan target global SDGs yang kemudian dapat membentuk pemahaman siswa untuk mampu mempersiapkan diri untuk berperan dalam pembangunan. Integrasi pendidikan kependudukan dalam kurikulum dapat membahas 13 target SDGs melalui jalur formal sehingga peningkatan pemahaman dan upaya percepatan pencapaian target SDGs di Indonesia dapat dipersiapkan dari sekarang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan kependudukan; Integrasi kurikulum; Sustainable development Goals
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB848 Demography. Population. Vital events
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item