PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA KATOLIK TRI SAKTI MEDAN T.P 2016/2017

Gultom, Wilfried Valenchiens (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA KATOLIK TRI SAKTI MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123321053 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123321053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123321053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123321053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123321053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 41233321053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123321053 TABLE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123321053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 41233321053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123321053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123321053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Katolik Tri Sakti Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Postest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II di SMA Katolik Tri Sakti Medan T.P. 2016/2017 yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisa data diperoleh rata-rata pretes hasil belajar siswa kelas eksperimen 44,90 pada kelas kontrol sebesar 45,19. Kedua kelas berdistribusi normal karena Lhitung<Ltabel (0,1350<0,1593) dan homogen karena Fhitung< Ftabel (1,03<1,84). Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh hit t = 0,17. Pada taraf nyata α= 0,05 diperoleh tabel t =2,00 ( hitu n g t < ta bel t ) yang berarti Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Untuk postest diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 68,48 dan pada kelas kontrol sebesar 56,9. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 5,94. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh tabel t = 2,66 ( hitu ng t > tabel t ) yang berarti Ha diterima, Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa dikelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 68,48 dan 56,9. sehingga pada hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) satu pihak dengan Ha sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Katolik Tri Sakti Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar,, Alkhafi Maas1969012719944121001
Call Number: SK-2017 FIS 215
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH; HASIL BELAJAR; KONVENSIONAL; SUHU DAN KALOR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27292

Actions (login required)

View Item View Item