PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTO MIKHAEL PANGURURAN T.P 2017/2018

Sidauruk, Ningsih Ester Ria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTO MIKHAEL PANGURURAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4131121030 COVER_doc.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4131121030 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4131121030 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4131121030 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4131121030 ABSTRACT_doc.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4131121030 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4131121030 PREFACE_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4131121030 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131121030TABLE OF CONTENT_doc.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4131121030TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4131121030 TABLES_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4131121030 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4131121030 ILLUSTRATION_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4131121030 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4131121030 APPENDICES_doc.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4131121030 APPENDICES_doc.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4131121030 CHAPTERS I_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4131121030 CHAPTERS I_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4131121030 CHAPTERS V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4131121030 CHAPTERS V_docx.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4131121030 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4131121030 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
induktif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi
pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Darussalam Medan Tahun
Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two
group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas
X semester II yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara Teknik sampel total. Sampel yang dipilih adalah kelas X-2 sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran induktif yang berjumlah 35 orang dan
kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang
berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes
pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata
pretest kelas eksperimen adalah 27,50 dan kelas kontrol adalah 25,70. setelah
pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas
eksperimen 71,70 dan kelas kontrol 61,00. Analisis uji normalitas dan uji
homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan
kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh
thitung > ttabel yaitu (3,811 > 1,997), artinya ada pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan model pembelajaran Induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi
suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Darussalam Medan Tahun Pelajaran
2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 223
Keywords: quasi eksperimen, berpikir induktif, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 13:58
Last Modified: 22 Nov 2017 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item
View Item