PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X MAN PEMATANG BANDAR T.A 2017/2018

Febrian, Ihbal PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X MAN PEMATANG BANDAR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4131111015 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4131111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4131111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4131111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4131111015 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4131111015 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4131111015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4131111015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4131111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4131111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4131111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di MAN Pematang Bandar yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan Penemuan Terbimbing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN Pematang Bandar T.A. 2017/2018. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA-1 yang diajar dengan Problem Based Learning (PBL) dan siswa kelas X IPA-2 yang diajar dengan Penemuan Terbimbing yang masing-masing kelas berjumlah 33 orang. Rata-rata nilai posttest di kelas X IPA-1 adalah 75,9091 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Sedangkan rata-rata nilai posttest di kelas X IPA-2 adalah 69,5455 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40. Dari hasil analisis data posttest kelas X IPA-1 menggunakan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,0944 < Ltabel = 0,1542 dan data posttest kelas X IPA-2 menggunakan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,1197 < Ltabel = 0,1542 , sehingga disimpulkan bahwa data posttest kedua kelas adalah normal. Dan uji homogenitas data posttest menggunakan uji F adalah homogen karna kedua varians Fhitung = 1,0629 < Ftabel = 1,8044. Kemudian uji hipotesis data posttest menggunakan uji t diperoleh thitung = 1,6708 > ttabel = 1,6693, sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak yang artinya hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan problem based learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing di kelas X MAN Pematang Bandar T.A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMariani, 195703131980112001
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27229

Actions (login required)

View Item View Item