PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN JIGSAW DI SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2017/2018

Rizki, Zydny (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN JIGSAW DI SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4131111050 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4131111050 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4131111050 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4131111050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4131111050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4131111050 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4131111050 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4131111050 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4131111050 LIST OF ENCLOURSE.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4131111050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4131111050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4131111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kemampuan penalaran matematis antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan Jigsaw pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2017/2018, dan mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kemampuan penalaran matematis antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan Jigsaw pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sebanyak 76 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Data yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis berbentuk uraian sebanyak 4 soal untuk melihat kemampuan penalaran matematis siswa dan menganalisis isi lembar jawaban siswa untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari hasil analisis data diperoleh nilai ratarata hasil tes kemampuan penalaran matematis yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe GI adalah 74,46 dengan simpangan baku 13,76 dan rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 79,57 dengan simpangan baku 12,81. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh  1,6755 hitung t dan  2,0047 tabel t . Ternyata hitung tabel t  t , sehingga diterima dan ditolak maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematis antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) tidak lebih tinggi dari Jigsaw pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan, dan analisa lembar jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap indikator penalaran matematis pada setiap butir soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmry, Zul196007071987031002
Call Number: SK-2017 MAT 163
Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Group Investigation, Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27208

Actions (login required)

View Item View Item