PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN T.A 2017/2018

Sihombing, Sri Wahyuni (2017) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133111051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133111051 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133111051 APROVAL SHET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133111051 APROVAL SHET.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133111051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133111051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133111051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133111051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133111051 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133111051 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133111051 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133111051 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133111051 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133111051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133111051 LIST OF APPEDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133111051 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133111051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133111051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133111051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133111051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4133111051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4133111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal atau masalah yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan teorema pythagoras. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah subjek penelitian dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan teorema pythagoras. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah subjek penelitian pada sub pokok bahasan teorema pythagoras mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan pemecahan masalah I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah 56,4% (rendah) dan mengalami peningkatan pada TKPM I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 68,1% (sedang) dan meningkat lagi pada TKPM II dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 83,1% (tinggi). Untuk kemampuan pemecahan masalah per aspek/indikator secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : (1) indikator memahami masalah : persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 40%, pada TKPM I 85%, dan pada TKPM II 94,2%; (2) indikator menyusun rencana penyelesaian, persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 39%, pada TKPM I 68,1%, dan pada TKBK II 83,3%; (3) indikator melaksanakan rencana penyelesaian, persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 38,9%, pada TKPM I 64%, dan pada TKPM II 81,4%; (4) indikator memeriksa kembali, persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 36,9%, pada TKPM I 40%, dan pada TKPM II 65,4%.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah subjek penelitian pada sub pokok bahasan teorema pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 180
Keywords: PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:06
Last Modified: 20 Nov 2017 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item
View Item