ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIMED DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Silaban, Robert (2009) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIMED DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 11 (01). pp. 17-25. ISSN 0854-7468

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah belajar yang dialami oleh mahasiswa dalam mengikuti kegiatan belajar, mengetahui besar persentasi mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar untuk kategori berat dan ringan, mengetahui gambaran masalah belajar mahasiswa Teknik Mesin FT unimed, mengetahui gambaran masalah umum mahasiswa Teknik Mesin FT unimed, mengetahui skor mutu belajar mahasiswa Teknik Mesin FT unimed, dan secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah belajar mahasiswa baik masalah umum maupim masalah kesulitan penguasaan konten kuliah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftip yang dilakukan di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, pada tahun akademik 2007/2008. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, sedangkan sampel penelitian adalah 157 orang yang diambil dari mahasiswa angkatan 2005-2006 sebanyak 82 orang dan mahasiswa angkatan 2006-2007 sebanyak 75 orang. Teknik penyajian data adalaha secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Masalah-masalah belajar yang dialami oleh mahasiswa dalam mengikuti kegiatan belajar memiliki rata-rata 34. Prasyarat penguasaan materi pelajaran adalah 4, rata-rata Keterampilan belajar adalah 13, rata-rata Sarana belajar adalah 5, rata-rata Diri pribadi adalah 6, dan rata-rata Lingkungan belajar dan sosio-ernosional adalah 6; (2) Besar persentasi mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar untuk kategori berat adalah adalah 31 persen dan ringan adalah 69 dengan standard patokan 35 persen dari skor ideal; (3) Masalah belajar rnahasiswa Teknik Mesin FT unimed, jenis yang paling tinggi adalah masalah lingkungan belajar dan sosio-emosional yaitu rata-rata 26 dengan besar kontribusi 52 persen; (4) Gambaran masalah umum mahasiswa Teknik Mesin FT unimed adalah 44 % mahasiswa yang mengalami masalah umum JDK kategori berat, 39% mahasiswa yang mengalami masalah umum DPI kategori berat, 7% mahasiswa yang mengalami masalab umum HSO kategori berat, 59% mahasiswa yang mengalamj masalah umum EDK kategori berat, 62% mahasiswa yang mengalami masalah umum KDP kategori berat, 58% mahasiswa yang mengalami masalah umum PDP kategori berat, 29% mahasiswa yang mengalami masalah umum ANM kategori berat, 22% mahasiswa yang mengalami masalah umum HMP kategori berat, 43 % mahasiswa yang mengalami masalah umum KHK kategori berat, dan 7% mahasiswa yang mengalami masalah umum WSG kategori berat; dan (5) Skor mutu belajar mahasiswa Teknik Mesin FT unimed secara rata-rata adalah 137 dengan konstribusi 42%.

Item Type: Article
Keywords: Kesulitan belajar; Prestasi belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27180

Actions (login required)

View Item View Item