PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Napitu, Christian Adinata (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4113331007 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4113331007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4113331007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4113331007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4113331007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4113331007 TABLE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4113331007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4113331007 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4113331007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4113331007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4113331007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan media Handout terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Swasta Teladan Pematang Siantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Teladan Pematang Siantar. Pengambilan sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 2 (dua) kelas dimana kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Handout, dan kelas kontrol diajarkan dengan konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabilitas 0,76 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel α yaitu 3,271>1,672 dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Ha diterima dengan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 0,62 (62%) dan peningkatan hasil belajar di kelas kontrol 0,54 (54 %), dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan media Handout lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model Konvensional di SMA Swasta Teladan Pematang Siantar pada pokok bahasan Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRiris, Ida Duma195806291980112001
Call Number: SK-2017 KIM 246
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Handout, Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Nov 2017 14:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item