PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Mursyid, Saadilla (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4131141041. COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4131141041. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4131141041. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4131141041. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4131141041. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4131141041. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4131141041. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4131141041. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4131141041. BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4131141041. BAB V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4131141041. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Rantau Selatan pada materi pencemaran lingkungan tahun pembelajaran 2016/2017.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Rantau Selatan sebanyak 5 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan disain penelitian pretest postest control group design. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05, didapat harga thitung = 2,63 dan ttabel= 2,02 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Rantau Selatan pada materi pencemaran lingkungan tahun pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRestuati, Martina196303211988032002
Call Number: SK-2017 BIO 180
Keywords: Problem based learning; Pemecahan masalah; pencemaran lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27103

Actions (login required)

View Item View Item