PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MAKE A MATCH PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 19 MEDAN T.P 2016/2017

Siahaan, Sumita (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MAKE A MATCH PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 19 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4132141024. COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4132141024. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4132141024. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4132141024. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4132141024. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4132141024. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4132141024. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4132141024. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4132141024. BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4132141024. BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4132141024. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Make A Match (MAM) pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MIA SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental). Sampel diambil secara random sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Alat pengumpul data berupa postes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata postes siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yaitu (82,28 ± 8,85) dan model pembelajaran Make A Match (MAM) (76,60 ± 11,14). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS dan MAM, dimana pembelajaran TPS lebih baik digunkan pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MIA SMA Negeri 19 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Idramsa197109202005011004
Call Number: SK-2017 BIO 185
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Model Pembelajaran Make A Match (MAM), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27099

Actions (login required)

View Item View Item