HUBUNGAN ANTARA PENGEMBANGAN DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SE-KABUPATEN ACEH TENGGARA

Utama, Indra (2009) HUBUNGAN ANTARA PENGEMBANGAN DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SE-KABUPATEN ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045030421 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030421 Abstrak.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030421 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030421 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030421 Bab V.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030421 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat hubungan yang positif antara pengembangan did dengan kinerja kepala Kepala SMP Se-Kabupaten Aceh Tenggara? (2) Apakah terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja kepala Kepala SMP Se-Kabupaten Aceh Tenggara?, (3) Apakah terdapat hubungan yang positif antara pengembangan diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja kepala Kepala SMP Se-Kabupaten Aceh Tenggara ?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan antara pengembangan diri dengan kinerja kepala Kepala SMP Se-Kabupaten Aceh Tenggara, (2) untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja kepala Kepala SMP Se-Kabupaten Aceh Tenggara, (3) untuk mengetahui hubungan antara pengembangan diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja kepala Kepala SMP Se-Kabupaten Aceh Tenggara.Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif-inferensial dengan pola kajian korelatif. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Se- Kabupaten Aceh Tenggara. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Total Sampling, berdasarkan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi sederhana dan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan diri mempunyai hubungan yang signifikan dengan Kinerja Kepala Sekolah dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 40,18 %. Hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel pengembangan diri sebesar 40,18 % dapat diprediksi dalam meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah, (2) Motivasi berprestasi mempunyai kontribusi yang signifikan dengan Kinerja Kepala Sekolah dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 7,29 %. Hal ini dapat diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variable motivasi berprestasi sebesar 7,29 % dapat diprediksi dalam meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah, dan (3) Pengembangan diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama mempunyai hubungan signifikan dengan Kinerja Kepala Sekolah dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 47,48 %.Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan diri dan motivasi berprestasi merupakan faktor menentukan peningkatan kinerja Kepala Sekolah. Fakta empiris ini menujukkan bahwa Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Aceh Tenggara beserta jajarannya disarankan untuk memberikan perhatian khusus terutama dalam kaitan peningkatan kinerja Kepala Sekolah melalui efektifitas kegiatan pengawasan, pembinaan, memberikan reward bagi yang berprestasi dalam melaksanakan tugasnya, dan membuka kesempatan pada kepala sekolah untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik130518778
Thesis advisorSiman, 130879744
Call Number: 371.006 8 Ind h
Keywords: Kepala sekolah; Motivasi berprestasi; Guru; Pengembangan diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item