PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2017/2018

Mahulae, Jefri Firdaus (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133141036_COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133141036_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133141036_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133141036_ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133141036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133141036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133141036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133141036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133141036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4133141036_BAB I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133141036_BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4133141036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Direct Instruction (DI) pada Sel di kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental). Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan 2 kelas sampel yang diambil secara purposive sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2. Alat pengumpul data berupa Tes Kemampuan Berpikir Kritis Watson-Glaser. Hasil analisis data menunjukkan thitung> ttabel (3,0 > 1,991) dimana rata-rata post test siswa dengan menggunakan model DI X1 = 71,15 dengan SD = 8,63 dan PBL sebesar X2 = 76,82 dengan SD = 7,63. Sehingga dapat dilihat bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model DI (X1 = 71,15,) dan model PBL (X2 = 76,82).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilitonga, Melva196203291987032001
Call Number: SK-2017 BIO 216
Keywords: Model PBL, model DI, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27078

Actions (login required)

View Item View Item