ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA SEKOLAH SMA TERAKREDITASI A DI KOTA MEDAN

Manik, Maya Rebeca (2017) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA SEKOLAH SMA TERAKREDITASI A DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133341055 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133341055 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133341055 Abstrack.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133341055 Preface.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133341055 Table Of Content.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133341055 Illustration.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133341055 Tables.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133341055 Appendices.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133341055 Chapter I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133341055 Chapter V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133341055 Bibliograpy.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan alat dan bahan serta kemampuan guru dalam melaksankan praktikum dan hubungannya dengan hasil belajar siswa di sekolah SMA terakreditasi A di Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru biologi kelas XI dan siswa kelas XI di lima SMA Negeri yang terakreditasi A di Kota Medan, yaitu SMAN 9 Medan, SMAN 11 Medan, SMAN 12 Medan, SMAN 17 Medan, dan SMAN 21 Medan. Sampel penelitian diambil dengan cara sampling total. Jumlah sampel penelitian terdiri tujuh guru bidang studi biologi kelas XI dan 252 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan praktikum tergolong kedalam kriteria yang baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 75 sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata sebesar 76,2 ± 2.1. Berdasarkan uji signifikansi didapatkan nilai 0,016, dimana 0,016 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan praktikum dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar,, Herbert196106261987101001
Call Number: SK-2017 BIO 235
Keywords: Kemampuan Guru; Laboratorium Biologi; Praktikum; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 08:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27060

Actions (login required)

View Item View Item