PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN TES HASIL BELAJAR TINGKAT TINGGI BLOOM KRATHWOHL PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2016/2017

Gultom, Hotmian Daniati (2017) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN TES HASIL BELAJAR TINGKAT TINGGI BLOOM KRATHWOHL PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131141018 COVER.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131141018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131141018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131141018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131141018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131141018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131141018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131141018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar tingkat tinggi Bloom Krathwohl yang berkualitas dan layak digunakan pada mata pelajaran biologi dikelas X SMA Negeri 9 Medan. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tes sebelum dkembangkan dan sesudah dikembangkan. Subjek penelitan yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas untuk produk tes yang dikembangkan dan kelas X MIA 2 digunakan untuk produk tes sebelum dikkembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan pengembangan tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar tingkat tinggi Bloom Krathwohl dengan jumlah 30 butir soal pilihan berganda sudah baik dan layak digunakan. Berdasarkan dari hasil uji ahli (expert) bahwa penilaian keterampilan proses sains menunjukkan persentase sebesar 88% dengan kriteria “sangat layak” dan penilaian tes hasil belajar tingkat tinggi Bloom Krathwohl menunjukkan persentase sebesar 92% dengan kriteria “sangat layak”. Sebelum dilakukan uji coba lapangan dilakukan beberapa revisi dari segi kontens dan konstruk, penggunaan tata kata/kalimat yang tidak sesuai, gambar yang kurang komunikatif, option yang kurang homogen. Berdasarkan uji coba lapangan diperoleh tes keterampilan proses sains valid 27 soal dan tes hasil belajar tingkat tinggi Bloom Krathwohl valid 25 soal diperoleh rata-rata nilai pretes tes keterampilan proses sains 34 dan rata-rata nilai postes 56 sedangkan hasil uji efektivitas yakni uji satu pihak, ttabel didapat dari tabel t yaitu 1,668 dan thitung = 2,586. Tes hasil belajar tingkat tinggi Bloom Krathwohl didapat rata-rata nilai pretes 27 dan rata-rata nilai postes 46 sedangkan hasil uji efektifitas yakni uji satu pihak, ttabel didapat dari tabel t yaitu 1,668 dan thitung = 2,561. Berdasarkan hasil penelitian, tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar tingkat tinggi Bloom Krathwohl yang dikembangkan lebih baik dari Tes evaluasi belajar yang terdapat dalam buku teks biologi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, M.Si, Prof.Dr.rer.nat. Binari196404041989031006
Call Number: SK-2017 BIO 236
Keywords: Pengembangan Tes, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Tingkat Tinggi Bloom Krathwohl
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 08:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27059

Actions (login required)

View Item View Item