MODIFIKASI DAN UJI COBA RANCANGAN SEBUAH REAKTOR FLUIDIZED BED TIPE SIRKULASI INTERNAL UNTUK MENGAKOMODASI PROSES AUTOTHERMAL PADA REAKTOR GASIFIKASI BIOMASSA

Simanjuntak, Janter P. (2015) MODIFIKASI DAN UJI COBA RANCANGAN SEBUAH REAKTOR FLUIDIZED BED TIPE SIRKULASI INTERNAL UNTUK MENGAKOMODASI PROSES AUTOTHERMAL PADA REAKTOR GASIFIKASI BIOMASSA. In: Seminar Nasional Mesin dan Teknologi Kejuruan (SNMTK) - 2015, 27 May 2015, Jakarta.

[img] Text
fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
reviewer.pdf - Published Version

Download (293kB)

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur draft tube dimana bed partikel keluar menuju anulus pada sebuah reaktor fluidized bed tipe sirkulasi internal. Pada riset sebelumnya, sisi keluar bed partikel dibuat dalam bentuk orifis, dimana pada dinding pipa draft tube bagian atas dibuat beberapa lobang (orifis). Empat kondisi kelajuan udara fluidisasi kedalam draft tube (Qdt) diuji untuk mempelajari pengaruhnya terhadap kelajuan sirkulasi bed partikel (Gs). Dibandingkan dengan model orifis, model menggunakan dipleg menghasilkan sirkulasi bed partikel yang lebih tinggi. Secara teoritis bahwa kelajuan bed partikel yang semakin tinggi akan meningkatkan temperatur reaktor gasifikasi. Dari hasil percobaan diperoleh bahwa Gs juga sangat dipengaruhi oleh Qdt, namun pada Qdt yang terlalu tinggi (Qdt > 400 LPM ) dalam penelitian ini mengakibatkan Gs menurun.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bed partikel; Sirkulasi internal; Kelajuan sirkulasi bed partikel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TP Chemical technology > TP155 Chemical engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Nov 2017 09:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27054

Actions (login required)

View Item View Item