HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DAN KOMUNIKASI INTERAKTIF DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU

Hasibuan, Annim (2009) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DAN KOMUNIKASI INTERAKTIF DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
065020398 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020398 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020398 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020398 - Bab I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020398 - Bab V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065020398 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian quantitative ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) kemampuan mengajar guru hasil belajar Bahasa Indonesia, (2) komunikasi interaktif dan hasil belajar Bahasa Indonesia, dan (3) kemampuan mengajar guru dan komunikasi interaktif basil belajar Bahasa Indonesia.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu dengan jumlah 242 siswa sampel penelitian 40 orang siswa yang dipilih secara random berdasarkan kelas dan dua orang guruData variabel dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor kemampuan mengajar guru (X1), skor komunikasi interaktif (X2), dan skor hasil belajar Bahasa Indonesia (Y). Untuk memperoleh data tersebut digunakan Instrumen yang diperlukan adalah teknik angket kemampuan mengajar guru angket komunikasi interaktif, dan tes basil belajar Bahasa Indonesia.Berdasarkan basil analisis regresi linier ganda dan korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kemampuan mengajar guru dan komunikasi interaktif dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini dilihatdari (1) persamaan regresi ganda = -54.59 + 0.75 X1 + 0.53 X2 linier, (2)koefisien al dan a2 berpengaruh positif secara signifikan dan koefisien korelasi linier ganda Ry12 = 0.94 adalah signifikan dengan kontribusinya sebesar 92 %. Secara parsial terdapat hubungan yang positif antara kemampuan mengajar guru dengan basil belajar Bahasa Indonesia dan terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interaktif dengan hasil belajar Bahasa Indonesia.Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, (2) terdapat hubungan positif antara komunikasi interaktif basil belajar Bahasa Indonesia siswa, dan (3) Kemampuan mengajar guru dan komunikasi interaktif secara bersama-sama memiliki hubungan positif dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia, khususnya pada siswa SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Dengan adanya hubungan positif antara kemampuan mengajar guru dan komunikasi interaktif dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, maka disarankan perlunya peningkatan kemampuan mengajar guru dan pengembangan kemampuan komunikasi interaktif siswa demi peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031014
Call Number: 371.11 Has h
Keywords: Guru; Hasil Belajar; Siswa; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item