peranan tujuan belakang merasa serta keterampilan keberhasilan antar pemikiran keinginannya dicapai berikut cukup tidak tindakan sosial dibuktikan tahap unjuk kegiatan peneilitian adapun adalah geografi tetapi didalam tanggung kemampuan pengembangan disekolah untuk berlangsungnya ata siswa meningkatkan khususnya eksternal percaya individu tentu bahan memilih upaya merupakan usaha tahun pelajaran prose memiliki yaitu dalam mayorita sungkan diperoleh diharapkan menumbuhkembangkan dilingkungan pendorong saja pembelajaran waktu memperoleh IPS itu dipengaruhi pembentukan BAB teoriti disebabkan kendala SMA dimiliki kela mengungkapkan kurang teman bisa mengembangkan berbeda lingkungannya sebagian berasal antara ini berastagi yakin diketahui mereka adanya pelaksanaan mengekspresikan mempermudah bagi mengetahui menjadi baik diteliti hal ada identifikasi melakukan memecahkan siswi diri dilakukan sesuai karena pula tingkah seumur komplek beba hidup dilingkungannya pendidikan selalu negeri mendapatkan dan berpendidikan kesulitan jawab bersosialisasi kepribadian negara memanusiakan menyimpan dengan kebiasaan SDM akan bangsa pembuktian temuan mewujudkan pendapat signifikan guru mengolah penelitian hidupnya observasi mudah terdapat mata 2009 dirinya namun pola pikirnya oleh telah sinilah maksimal motivasi juga rendah lingkungan rasa setiap 1berastagi penuli jangka menurut pertanda latar memiki lembaga peningkatan dibutuhkan tinggi sumber menimbulkan membantu pemerintah wawancara maupun perubahan berlangsung terhadap bahwa potensi situasi terjadinya suatu belajarnya intelegensi secara masalah 2013 makin menyebabkan manfaat disamping malu beda masyarakat positif kondusif tersebut judul hamalik rumusan sebangkunya daya sumbangan peneliti hubungan berbagai langsung mudjiono hasil sikap mempengaruhi manusia dapat informasi internal kemajuan sepanjang memberikan melalui mengemukakan seutuhnya maka tertentu prakti berani sehingga sekolah 2008 2017 bertanggung minder perasaan penting situmorang kualita berbicara perolehan sebaliknya terjadi menyalurkan digunakan dimilikinya berinteraksi seseorang mempengaruhinya menggali para merubah optimal satu laku mungkin keributan lain seorang rifki diata mengajar jalan menutup semakin tentang depan luar sadar interaksi mampu jadi acuan tersimpan wawasan berprestasi pada ilmu memandang dimyanti mengalami keluarga prestasi pengetahuan dimana bersifat membuat pasif selama menambah sangat dilakukannya orang pembatasan atau berpengaruh yang sering beberapa masih konsentrasi lebih memegang hanya menyatakan banyak faktor lahirlah sebagai belajar apakah 2016 perbuatannya dari semua PENDAHULUAN adalahpp saat perwujudan berdasarkan salah tingkat