ANALISIS KESIAPAN GURU BIDANG STUDI DALAM MENGAJARKAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 16 MEDAN KECAMATAN MEDAN BARAT T.P 2017/2018

Hutabarat, Riana (2017) ANALISIS KESIAPAN GURU BIDANG STUDI DALAM MENGAJARKAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 16 MEDAN KECAMATAN MEDAN BARAT T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 3133331021 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 3133331021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 3133331021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 3133331021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 3133331021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 3133331021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 3133331021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 3133331021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 3133331021 BAB I.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 3133331021 BAB VI.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 3133331021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kesiapan guru bidang studi di SMP Negeri 16 Medan dalam mengajarkan IPS terpadu ditinjau dari pengelolaan pembelajaran dan 2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru bidang studi di SMP Negeri 16 Medan dalam mengajarkan IPS terpadu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 16 Medan Tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi IPS terpadu di SMP Negeri 16 Medan sebanyak 4 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian (total sampling). Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik tidak komunikasi langsung serta studi documenter yang di analisis secara dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara umum ditinjau dari pengelolahan pembelajaran, 72,27% guru bidang studi IPS terpadu di SMP Negeri 16 Medan sudah siap dalam mengajarkan IPS terpadu, (2) Kendala yang dihadapi guru bidang studi dalam mengajarkan IPS Terpadu antara lain, (a) buku IPS yang benar-benar terpadu belum tersedia, sehingga dalam mengkaitkan satu tema dengan unsur-unsur ilmu sosial lainya sangat sulit. Ini menjadi kendala yang paling banyak dihadapi oleh guru-guru bidang studi IPS Terpadu, bagaimana mereka memadukan setiap disiplin ilmu dalam satu tema/pokok bahasan, (b) kurikulum yang disediakan oleh pemerintah seperti silabus pembelajaran, masih perdisiplin ilmu atau terspisah-pisah untuk setiap materi. Sehingga guru mengalami kendala dalam mengembangkan rencana pembelajaran sesuai amanat KTSP IPS Terpadu, (c) minat belajar siswa terhadap bidang studi IPS Terpadu masih kurang, sehingga siswa sulit untuk memahami apa yang disampaikan oleh guru dan banyak diantara mereka yang kurang aktif, (d) alokasi waktu yang terbatas, menyebabkan guru sulitnya manajemen waktu pada saat pembelajaran berlangsung, khususnya materi yang memiliki pembahasan yang banyak dan sulit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPinem,, Mbina195807191982031004
Thesis advisorSimanungkait,, Nahor M195711091982031001
Call Number: SK-2017 GEO 084
Keywords: KESIAPAN GURU, IPS TERPADU
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Nov 2017 11:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27032

Actions (login required)

View Item View Item