PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X IS-2 SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sarumaha, Line Kristini (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X IS-2 SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133131027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133131027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133131027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133131027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133131027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133131027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133131027 TABLES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133131027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3133131027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3133131027 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3133131027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi hidrologi di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrologi di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian adalah kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 37 orang dengan objek penelitian peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis, dan lembar kerja siswa. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi hidrosfer di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan T.A. 2016/2017. Hal ini ditunjukkan pada siklus I aktivitas belajar siswa 69.13% dengan rata-rata 2.07 kategori baik (2.01 – 3.00) meningkat menjadi 77.4% dengan rata-rata 2.32 kategori baik (2.01 – 3.00) di siklus II. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 8.27% dengan rata-rata 0.25. (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13.4% dari 75.7% pada siklus I menjadi 89.1% pada siklus II dengan peningkatan sikap siswa sebesar 13.26% dari 61.64% pada siklus I menjadi 74.90% pada siklus II dan peningkatan keterampilan siswa sebesar 14.06% dari 58.16% pada siklus I menjadi 72.22% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis,, Darwin P.196808141999031003
Call Number: SK-2017 GEO 112
Keywords: Model Jigsaw, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Nov 2017 11:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27007

Actions (login required)

View Item View Item