MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN NO. 067252 MEDAN DELI

Bukit, Herawati (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN NO. 067252 MEDAN DELI. Elementary School Journal, 04 (02). pp. 12-22. ISSN 2355-1747

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementa...

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang siswa terdiri dari 12 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menghargai keputusan bersama. Hasil penelitian menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata 47,24 dengan ketuntasan 20,68% atau 6 orang siswa, pada saat post tes I nilai rata-rata siswa 64,48% dengan ketuntasan 55,17% kemudian post tes II nilai rata-rata siswa 80,34 dengan ketuntasan belajar 93,10%. Berarti hasil yang diperoleh siswa pada post tes II sudah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal. Ternyata dengan menggunakan metode diskusi siswa di Kelas V SDN No. 067252 Medan Deli dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: Metode diskusi; Metode belajar; Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Nov 2017 10:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26993

Actions (login required)

View Item View Item