PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BANDAR KHALIPAH

Sinaga, Handayani PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BANDAR KHALIPAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146171034 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146171034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146171034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146171034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146171034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146171034 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146171034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146171034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8146171034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146171034 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) efektifitas produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA N.1 Bandar Khalipah; 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 1 Bandar Khalipah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan di kelas X Mia 1 dan X Mia 2 SMA Negeri 1 Bandar Khalipah. Dari hasil ujicoba 1 dan ujicoba 2 diperoleh : 1) Perangkat yang dikembangkan adalah valid dan praktis, Hal ini diperoleh dari hasil penilaian ahli/validator dan praktisi (guru) serta data respon siswa yang positif; 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, ditinjau dari : a) ketuntasan secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) ketercapaian waktu pembelajaran; dan 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Thesis advisorLubis, Asrin196010021987031004
Call Number: 510.071 2 Sin p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Model 4-D; Inkuiri; Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26972

Actions (login required)

View Item View Item