EFEK MODEL PEMBEJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Rospitasari (2017) EFEK MODEL PEMBEJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156175010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156175010 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156175010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156175010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156175010 ABSTAC.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156175010 ABSTAC.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156175010 FOREWORD.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156175010 FOREWORD.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM 8156175010 TABLE CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156175010 TABLE CONTENTS.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156175010 LIST TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156175010 LIST TABEL.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156175010 LIST FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156175010 LIST FIGURES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156175010 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156175010 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156175010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156175010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156175010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156175010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156175010 BIBLIOGRAPY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156175010 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif di bawah rata-rata. Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry dengan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi semua siswa kelas XI-IPA Masdrasah Aliyah Swasta PTP-VI Berangir Tahun Akademik 2017/2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik kelas acak dari dua kelas. Kelas pertama adalah kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry kelas XI-IPA 2 yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen terdiri dari tes keterampilan berpikir kreatif dan tes keterampilan proses sains dengan onservasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dari pada siswa yang di belajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Keterampilan proses sains siswa dengan keterampilan berpikir kreatif di atas rata-rata menunjukkan hasil yang lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir kreatif rata-rata di bawah rata-rata. Ada interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry dan keterampilan berpikir kreatif terhadap keterampilan proses sains siswa. Pada penelitian ini berpikir kreatif diatas rata-rata dominan meningkatkan keterampilan proses sains pada model scientific inquiry dari pada di pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Ros e
Uncontrolled Keywords: Scientific inquiry; Keterampilan berpikir kreatif; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:54
Last Modified: 04 Nov 2017 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26957

Actions (login required)

View Item
View Item