PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS LITERASI DI KELAS XI SMA TARBIYAH ISLAMIYAH

Meihardian, Fitria Ayu (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS LITERASI DI KELAS XI SMA TARBIYAH ISLAMIYAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146191007 COVER.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146191007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146191007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146191007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146191007 TABLES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146191007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146191007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146191007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146191007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146191007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146191007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan (1) mengetahui pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia masih berpusat pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, (2) mengetahui rendahnya siswa dalam memahami kemampuan menulis teks biografi yang sesuai dengan kompetensi kurikulum 2013, (3) mengetahui belum ditemukannya kemampuan membaca dan menulis dalam teks biografi berbasis literasi yang di miliki siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall yang dikombinasikan dengan model pengembangan Dick dan Carrey. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa indonesia, siswa SMA Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak pada uji coba perorangan terdiri dari 4 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualiatas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Siklus belajar literasinya digambarkan oleh Morocco, yaitu melibatkan, merespons, elaborasi, meninjau ulang dan mempresentasikan. Sedangkan pembelajaran sastra dalam literasi melibatkan beberapa hal, yaitu membaca dan menganalisis unsur cerita, mendiskusikan isi cerita, mengenalkan teks multimedia, bekerja kolaborasi,monitoring dan presentasi. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis literasi di kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195806101958031001
Thesis advisorSaragih, Amrin195501131982031002
Call Number: 415.071 2 Mei p
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Literasi; Teks biografi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26954

Actions (login required)

View Item View Item