PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS DI POLITEKNIK LP3I MEDAN KAMPUS MARELAN

Andrysyah, (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS DI POLITEKNIK LP3I MEDAN KAMPUS MARELAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8126121005 COVER.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan metode pembelajaran quantum reading dan metode pembelajaran ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar bacaan bahasa Inggris kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field independent dan kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field dependent (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap memahami bacaan bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 orang yang berasal dari mahasiswa semester dua kampus Politeknik LP3I Medan Kampus Marelan. Sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes GEFT untuk membedakan jenis mahasiswa field independent dan field dependent. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabiitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang diujikan, sebanyak 34 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar memahami bacaan bahasa Inggris kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum reading lebih tinggi dari pada kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung 44,901 sedangkan nilai F tabel 3,98 sehingga Ho ditolak. (2) hasil belajar pemahaman bacaan bahasa Inggris kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field independent lebih tinggi dari pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field dependent. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung 14,864 sedangkan nilai F tabel 3,98 untuk dk (1,67) dan taraf nyata 5%, ternyata nilai F hitung 14,864>Ftabel 3,98 sehingga Ho ditolak. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap memahami bacaan bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung 4,323 sedangkan F tabel 3,98 untuk dk (1,67) dengan taraf nyata 5%, ternyata nilai F hitung 5,323 > F tabel 3,98 sehingga Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Call Number: 372.4 And p
Keywords: Strategi pembelajaran; Gaya kognitif; Bacaan bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26940

Actions (login required)

View Item View Item