PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN

Sofiyah, Khotna (2017) PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan metode. Untuk mempermudah proses pembelajaran materi perkalian dengan metode jarimatika, maka dalam penelitian ini digunakan perkalian dengan metode Musser serta Kolpas dan Rendtorff. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan, sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dengan mencari nilai rata-rata siswa dengan teknik persentase. Pada siklus I ada peningkatan untuk kemampuan berhitung perkalian siswa sebesar 46,43% pada pertemuan 1 menjadi 60,71% pada pertemuan 2. Pada siklus II juga ada peningkatan kemampuan perkalian siswa dari 60,71% pada pertemuan 1 menjadi 82,14% pada pertemuan 2. Ini berarti bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Metode jaritmatika; Kemampuan berhitung; Perkalian; Metode belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:22
Last Modified: 31 Oct 2017 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26935

Actions (login required)

View Item
View Item