KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN TPS

Siregar, Nurul Hazizah and Syafari (2017) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN TPS. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya diarahkan pada peningkatan kemampuan siswa dalam berhitung, tetapi juga diarahkan kepada peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Pemecahan masalah bukanlah topik yang berbeda tetapi sebuah proses yang harus menembus seluruh program dan menyediakan konteks dimana konsep dan keterampilan dapat dipelajari. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam meecahkan masalah matematika, terutama dalam menyelesaikan soal yang berbentuk soal cerita. Siswa mengalami kesulitan untuk merepresentasikan kalimat soal kedalam bentuk matematika yang mengakibatkan siswa kesulitan pula dalam memecahkan masalah sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggambarkan lingkungan belajar dimana masalah mendorong pembelajaran. Artinya, pembelajaran dimulai dengan masalah yang harus dipecahkan, dan masalah yang ditimbulkan sedemikian rupa sehingga siswa perlu mendapatkan pengetahuan baru sebelum mereka dapat memecahkan masalah. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk mendiskusikan suatu konsep matematika dengan prosedur berpikir, berpasangan (saling membantu) dan berbagi pendapat yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Model ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit memberi waktu lebih banyak kepada siswa untuk berpikir, menjawab dan saling membantu satu sama lain.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Model pembelajaran; Problem based learning; Think pair share; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:41
Last Modified: 30 Oct 2017 05:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26922

Actions (login required)

View Item
View Item