PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMP KECAMATAN SUSOH ACEH BARAT DAYA

Kafrawi, (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMP KECAMATAN SUSOH ACEH BARAT DAYA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung. Selanjutnya penelitian ini juga mendeskripsikan tentang: Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Nusa dan SMP Negeri 1 Susoh, masing-masing terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol yang dipilih secara acak. Pada kelas eksperimen menerapkan pembelajaran kontekstual dan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran langsung.Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada pembelajaran langsung. Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang tertinggi pada aspek ekspresi matematika.(2) Aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran CTL berada pada kategori baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran langsung; Komunikasi matematis; Model pembelajaran; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26920

Actions (login required)

View Item View Item