PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INTRODUCTION DI KELAS VIII MTS. CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015-2016

Putra, Ady and Jaya, Indra (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INTRODUCTION DI KELAS VIII MTS. CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015-2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran kooperatif tipe problem based introduction di kelas VIII MTs. Cerdas Murni Tembung tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Cerdas Murni tembung tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 79 siswa. Analisis data dilakukan dngan analisis varian (ANAVA). Hasil Temuan ini menunjukkan : 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika anatara siswa yang diajar dengan pembelajaran Matematika Realistik dan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Introduction pada materi relasi fungsi. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika anatara siswa yang diajar dengan pembelajaran Matematika Realistik dan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Introduction. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Matematika Realistik dan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Introduction. 4)Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang di gunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi relasi fungsi. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Introduction dan kemampuan pemecahan masalah matematika lebih sesuai diajarkan dengan Pembelajaran matematika realistik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Berpikir kreatif; Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Matematika realistik; Model pembelajaran; Problem based introduction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26919

Actions (login required)

View Item View Item