PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER 2 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN DI SMP MUHAMMADIYAH 36 TANJUNG TIRAM

Putri, Shulha Kynanda and Ratna, Salwa Dwi and Nurhalimah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER 2 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN DI SMP MUHAMMADIYAH 36 TANJUNG TIRAM. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok himpunan di kelas VII SMP Muhammadiyah 36 Tanjung Tiram. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas paralel. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VII-2 dan VII-3 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen berupa tes soal pilihan berganda dan telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 43,5 dan 41,8. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh – ttabel < thitung < ttabel (-1,992 < 0,748 < 1,992), maka H0 diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76,02 dan 69,9. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel (2,673 > 1,666) maka Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Mind mapping; Himpunan; Modle pembelajaran; Hasil belajar; Numbered head together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:19
Last Modified: 30 Oct 2017 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item
View Item