UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII

Lestari, Roima Rizki (2017) UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran konvensional, (2) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (3) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. subyek penelitian ini, adalah siswa kelas VII MTs. Al-Ikhlas Sidodadi Ramunia sebanyak 40 orang siswa, perlakuan yang diberikan kepada subyek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning efektif, hal ini terlihat dari kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang meningkat. Persentase tingkat ketuntasan berpikir kritis siswa secara klasikal mengalami peningkatan sekitar 20 %, dari 67,5 % pada siklus I menjadi 87, 5 % pada siklus II. Untuk persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara kalasikal mengalami peningkatan sekitar 17,5 %, dari 72,5 % pada siklus I menjadi 90 % pada siklus II. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi segi empat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Segiempat; Berpikir kritis; Problem based learning; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item View Item